Saturday 15 August 2015

Tips Memancing Ikan Bawal


 Sekilas Tentang Ikan Bawal

Sebelum agan-agan mempelajari tips-tips jitu buat mancing bawal di empang atau kolam pemancingan, sebelumnya mari kita ingat-ingat dulu karakter ikan bawal. Ikan bawal adalah ikan yang galak, predator kecil (karena tak segedhe harimau yak gan :D ), sehingga bergigi sangat tajam dan kuat. Karakter ikan bawal ini suka menggerombol, tak beda dengan nila dan tawes. Ukuran ikan bawal yang besar bisa mencapai 20 Kg. Ikan bawal ini jika tersakiti maka dia akan meloncat dari dalam air seperti terbang menyambar-nyambar kesana kemari. Gerakan ikan bawal sangat gesit, dan juga termasuk "IKAN CERDAS", yang mudah mengingat suatu hal seperti mengingat rasa sakit ketika terkena kail, jadi dia gemar menghindar dari senar pancing :)  Bentuk morfologi ikan  bawal ini pipih atau gepeng dan bersisik tebal. Ini pasti agan-agan dah pada ngerti dah, cuma ngingetin aja, soalnya ada hubungan yang erat dengan strategi memancingnya dan tips-tips jitu buat mancing ikan bawal di empang atau kolam pemancingan, gan. Ikan bawal gemar di dasar kolam ataupun di tengah-tengah, tak tentu mendekamnya, hanya saja ikan bawal ini kalau sudah menganggap suatu tempat sebagai rumahnya, maka dia akan cenderung kembali ke rumah itu meskipun telah berkeliaran kesana kemari dalam kolam, bahkan meskipun telah diusir-usir dengan kayu :). Mulut ikan bawal ini agak menghadap ke atas, jadi menguntungkan pemancing yang pakai umpan melayang, dah.

Ikan bawal ini ketika dewasa lebih bersifat OMNIVORA, yaitu pemakan apa saja baik daging maupun dari tumbuhan, akan tetapi ketika kecil, ikan bawal lebih bersifat CARNIVORA atau pemakan daging (ini berkaitan dengan umpan mancing, gan). Makanan yang paling digemari ikan bawal adalah hewan dari kelompok Crustacea seperti udang karang, lobster, serta teritip; hewan dari kelompok hewan kecil-kecil (mikro) yang tak penting buat dibahas disini sebab tak mudah buat dijadikan umpan mancing.

Berdasarkan uaraian tentang karakteristik ikan bawal tersebut, maka dapat dijadikan tips-tips jitu buat mancing ikan bawal di empang atau kolam pemancingan, gan.

  • Tips Jitu 1: Pengguanaan Alat Pancing yang Tepat untuk Mancing Ikan Bawal di Empang atau Kolam Pemancingan

Hal yang sangat penting dari alat pancing untuk mancing ikan bawal adalah "Menggunakan senar pancing yang kuat tapi berukuran kecil, dan Jangan menggunakan PE (nylon) secara keseluruha. Menggunakan PE secara keseluruhan hanya akan menakuti ikan bawal yang sangat tajam penglihatannya ini. Tips Jitu pertama buat mancing ikan bawal di empang atau kolam adalah menggunakan senar pancing  yang sangat kecil tapi kuat, kemudian disambung dengan PE sekitar 4 cm di bagian kail. Senar pancing yang kecil ini diharapkan agar ikan bawal tak dapat melihat senar pancingnya pemancing, sedangkan PE 4cm diharapkan agar tidak putus terkena gigi gigi gergaji dari ikan bawal. Mengapa menggunakan senar pancing yang kecil? Jawabnya adalah karena ikan bawal itu sangat cerdas dan tajam penglihatannya pada senar pancing.
Untuk ikan bawal berukuran sampai 3 Kg, sebaiknya menggunakan senar pancing  Ogawa Qianliu atau OPT-HC yang sangat lentur kuat dengan ukuran 0,20-0,23 mm (yang tebalnya hanya sama dengan 0,17-0,18 mm senar pancing biasa tapi kekuatannya sebanding dengan senar pancing umumnya setebal 0,19 - 021 mm); senar pancing Orca LT ataupun Orca Eagle 0,18 - 0,20 mm dan senar pancing Blood S.O 0,18 - 0,20 mm. Senar pancing Ogawa Qianliu menjadi rekomendasi utama karena warnanya terbukti paling tidak menakuti bawal dan paling lentur diantara lainnya (klik disini untuk melihat dan mendapatkan senar pancing tertipis dan terbaik serta murah: Ogawa Qianliu). Jika agan kehabisan stok senar pancing Ogawa Qianliu, maka kami rekomendasikan menggunakan Orca Eagle atau ORCA LT. Sambungan dari senar pancing ke PE bisa menggunakan swifl kecil yang kuat seperti produk Kaizen atau lainnya dari bahan baja hitam. PE yang digunakan sebaiknya berwarna agak gelap sesuai warna air, dengan ukuran 0,20 dibuat double. Ujung PE yang satu ditali pada swifl, dan ujung PE lainnya ditali pada kail. PE ini nantinya akan tergeletak didasar kolam. Ukuran kail jangan terlalu besar, sebab ikan bawal akan sulit menelan umpan, tapi jangan terlalu kecil sebab akan membengkok. Kail bisa dipilih yang Bagus seperti dari produk Sasame I-R (bukan wormer), yang cukup kuat untuk menahan hentakan ikan bawal yang terbang kesana kemari saat kena kail. 
Apabila agan memancing ikan bawal tidak pakai umpan, maka tips jitu pertama dari kami adalah agan cukup menggunakan senar pancing yang kecil dan harus sangat lentur, produk Ogawa Qianliu atau OPT-HC. Senar pancing harus lentur sebab agar peka terhadap gerakan bawal yag gesit agar tidak terlambat menghentakkan senar pancing saat ikan bawal menabrak senar pancing. Itu hanya bagus pada produk Ogawa Qianliu dan OPT-HC, gan.
Tips Jitu Lainnya dalam memancig ikan bawal di empang atau kolam pemancingan adalah: Gunakan pelampung busa benang sekecil mungkin dan buat agak masuk dari permukaan air. Pelampung disini fungsinya bukan untuk mengangkat kail dan umpan, akan tetapi hanya meluruskan senar pancing ke atas dan sebagai penanda (indikator) dari dimakannya umpan atau tertabraknya senar pancing oleh si ikan bawal.  Mengapa pelampung harus kecil? Sebab dalam memancing ikan bawal di empang atau kolam pemancingan, dibutuhkan pelampung yang sangat peka. Bentuk morfologi ikan bawal yang pipih menjadikan ikan ini sangat jarang menabrak senar pancing tepat di bagian tengah kepala, akan tetapi kebanyakan hanya menyerempet di bagian tubuh samping saja, sehingga jika agan menggunakan pelampung yang besar maka pelampung tidak akan bergerak dan agan tidak akan tahu jika senar pancing agan telah terserempet tubuh ikan bawal. Dengan pelampung gabus yang kecil (kira-kira berdiameter 3 mm dan tinggi 4 mm) maka serempetan kecil saja akan mengakibatkan pelampung bergerak sehingga agan dapat cepat-cepat menyerobot ikan bawal. Agan tak perlu bingung mencari pelampung busa benang, pesen saja di toko pancing ini gan (klik saja). Mengapa pelampung harus dibuat sedikit masuk dari permukaan air? Ini untuk menghindari terlalu banyak goncang akibat gerakan permukaan air kolam atau empang pemancingan, serta jika ternyata kail agan menumpang di bagian tubuh ikan, maka akan terlihat jelas sebab posisi pelampung akan menjadi muncul di permukaan air kolam. Agan tinggal nunggu sampai pelampung itu bergerak, dan kemudian hentakkan lurus ke atas agak keras. Kemungkinan besar kail agan akan menancap di badan ikan bawal. Agan harus memperhatikan tips-tips jitu utama ini dalam memancing ikan bawal di kolam agar hasilnya maksimal.

  • Tips Jitu 2: Mencermati Gerakan Permukaan Air Kolam Pemancingan Saat Mancing Ikan Bawal di Empang atau Kolam Pemncingan

Mencermati gerakan permukaan air kolam menjadi tips jitu yang sangat penting dalam memancing ikan bawal. Apabila ikan bawal berdiam di suatu tempat di dalam empang atau kolam pemancingan, umumnya akan memberikan tanda berupa keruhnya air kolam atau ada gerakan memutar benda-benda kecil di permukaan kolam, atau bahkan airnya sendiri terlihat bergerak memutar. Kondisi lain dari dari pertanda adanya ikan bawal di bawah permukaan air kolam adalah meunculnya sedikit minyak minya ke permukaan air, maka kemungkinan besar ada ikan bawal mendekam di tempat itu.
Apabila agan hendak menjatuhkan kail di tempat yang dicurigai ada ikan bawal tersebut, maka menjadutuhkan kailnya harus sangat pelan-pelan agar ikan bawal tidak kabur. Ikan bawal akan segera ngiprit melihat gerakan benda aneh yang cepat, tidak seperti ikan lele yang agak cuex dengan gerakan yang tak terlalu menakutkan. 
  • Tips Jitu 3: Memahami Gerakan Pelampung

Jika agan memancing bawal dengan umpan, maka Tips jitu yang penting adalah jangan terburu-buru menghentakkan joran ketika pelampung baru bergerak sedikit sedikit, akan tetapi hentakkan joran ketika pelampung benar-benar telah terbawa masuk ke dalam air kolam. Berbeda halnya jika agan memancing tanpa umpan atau setekan, maka tips jitu dalam memancing ikan bawal di empang atau kolam bawal adalah: segera hentakkan joran ke atas lurus dengan agak keras ketika pelampung agan bergerak sedikit atau bergeser dari posisi semula kesamping atau memutar, sebab itu bawal sudah menempel atau mendorong senar pancing agan. Apabila pelampung masuk sangat dalam ke dalam kolam, biasanya justru akan meleset dari kail agan, akan tetapi ini juga tidak selalu meleset. Tips memahami gerak pelampung dalam memancing ikan bawal di kolam pemancingan ini sepertinya sepele, tapi sangat sangat penting.
  • Tipis Jitu 5: Peracikan Umpan dalam Mancing Ikan Bawal

Seperti telah diuraikan sebelumnya, ikan bawal ini ketika dewasa bersifat omnivora atau pemakan segala, baik daging ataupun bukan daging. Terkesan aneh tapi nyata, ditempat kami pernah trend umpang biji kacang panjang dalam memenangkan lomba mancing ikan bawal. Tips jitu yang perlu diingat terkait dengan mancing ikan bawal di kolam pemancingan ini adalah bahwa bawal sangat mudah bosan, atau ingat dia makan apa ketika terkena kail, sehingga ikan bawal tidak lagi suka dengan umpan-umpan yang dulunya dia suka. Umpan-umpan yang baik digunakan untuk mancing ikan bawal seperti: tempe mentah, cacing (gunakan cacing posfor pada malam hari), udang, dan pelet STELLA dengan aroma yang menyengat, berganti-ganti tiap minggunya. Umpan pelet STELLA ini umumnya manjur pada kondisi air yang agak tenang atau tidak terlalu sirkulatif. Agan juga dapat menggunakan essen-essen produk STELLA untuk meracik umpan, yaitu dengan essen vanila, tengiri, melon, dan lainnya. Umpan bagus lainnya adalah anak tawon, hati, usus, dan lainnya. Agan silahkan coba umpan aneh-aneh yang paling jarang digunakan di tempat agan mancing, semoga bawal menyukainya :). Jika umpan itu sudah banyak digunakan di kolam atau empang pemancingan tempat agan mancing, ikan bawa umumnya sudah bosan.
Dalam menggunakan umpan, sebaiknya agan gunakan dulu Bom umpan. Caranya adalah pelet STELLA dicairkan sampai agak cair dengan air, dan larutan itu disiram pelan-pelan di lapak agan. Ikan bawal ini berperilaku menggerombol, sehingga jika bom umpan agan disukai ikan bawal, maka akan datang langsung segerombolan ikan bawal itu sehingga ini sangat menguntungkan pemancing.
Sumber   : http://infopancing-memancing.blogspot.com 

No comments:

Post a Comment